Rabu, 30 November 2011

Musim hujan datang sawah belum bisa di tanami


Memasuki musim penghujan kesibukan petani mulai meningkatkarena lahan yang adinya kering kini mulai tersiram air dan membuat tanah mereka menunggu untuk digarap. Nyanyian kebahagian rumput-rumput liar di pinggir jalan mulai tumbuh seiring siraman air hujan di awal musim. Kesibukan petani terlihat saat kuberangkat untuk bekrja sepanjang jalan yang kulalui petani asyik mencangkul, ada yang mentraktor, ada yang sibuk menyiapkan lahan untuk menanam bibit padi. Di lokasi lain petani kanggkung juga sibuk menyiapakan lahan dan menanami bibit kangkung yang baru. Senang rasanya melihat aktivitas petani dengan kesederhaaannya mereka tetap beraktifitas dengan penuh optimisme / tawakkal insya Alloh.


Namun di desa yang kulalui juga ada beberapa lokasi belum mulai di garap karena masih tergenang air hujan. Aktivitas pertanian belum kelihatan karena setiap musim hujan lokasi ini biasanya paling akhir menanamnya, menunggu air surut. Kadangkala sudah menanam hujan turun dan menggenangi sawah-sawah mereka yang mengakibatkan bibit yang telah ditanam terbawa arus yang lumayan deras.

Maka kesabaran , doa, dan harapan tetap harus ada dikala situasi yang menurut kita kurang baik. Namun dibalik semua peristiwa yang ada pasti terkandung hikmah yang luar biasa , tinggal sikap kita dalam melihat masalah ataukah karunia. emuanya dikembalikan kediri kita masing-masing. InsyaAlloh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar